Ajarkan mereka sejak Dini tentang Bahaya Narkoba

Sat Resnarkoba ,  Selasa 12/11/2019

Maraknya berita tentang penggunaan narkoba membuat banyak orang tua merasa khawatir. Untuk mencegah anak terjerumus dalam bahaya narkoba, diperlukan peran serta semua pihak, terutama orang tua. Yuk, Bunda dan Ayah, ketahui cara melindungi anak dari jeratan narkoba!
.
Penggunaan narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) bisa membawa banyak dampak buruk bagi anak, mulai dari meningkatnya risiko penyakit jantung, kerusakan organ tubuh, seperti hati dan ginjal, bahkan skizofrenia. Selain itu, bila dibiarkan, narkoba juga akan merusak berbagai sisi kehidupan anak, termasuk minat belajar dan sekolah.
.
Idealnya,  pemberian edukasi kepada anak tentang bahaya narkoba dapat dilakukan sejak dini, yaitu saat anak duduk di sekolah dasar. Pengetahuan yang cukup tentang hal ini bisa mencegah anak terjerumus pergaulan bebas dan bahaya narkoba.
.
Beri informasi tentang bahaya narkoba

berikan informasi yang memadai tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ini. Informasinya dapat dimulai dari apa itu narkoba, bagaimana penyebaran narkoba yang saat ini sudah sangat cepat, serta apa saja bahaya narkoba dan dampaknya terhadap kesehatan tubuh.

berikan contoh dampak negatif yang bisa terjadi pada pengguna narkoba, seperti rusaknya penampilan, gangguan kesehatan, berkurangnya kemampuan olahraga, dan menurunnya prestasi belajar.

Sebaiknya lakukan diskusi dua arah. Tetap berikan kesempatan kepada anak untuk mengeluarkan pendapat dan menanyakan hal-hal yang masih membuatnya bingung.
.
Diskusikan cara menolak narkoba

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diajarkan adalah pergaulan yang positif dengan teman dan bagaimana cara menolak narkoba. Ajarkan bagaimana cara berteman yang baik dan seperti apa teman yang baik, serta arahkan anak untuk mengikuti komunitas yang positif.
.
hal penting yang harus  diajarkan kepada anak. Pertama, ajarkan anak untuk selalu bijak dalam bergaul dan berteman. Berteman dengan siapa saja boleh, tapi kenali batasan bergaul dan selalu waspada dengan lingkungan pertemanan
.
Buat aturan yang tegas tentang narkoba

Katakan dengan tegas bahwa narkoba merupakan hal yang dilarang dalam keluarga. Jika perlu, buat peraturan

Komentar

Postingan Populer